Senin, 10 November 2014

Kebudayaan yang dominan di Asia Tenggara dan Pendapatan Perkapita di Asia Tenggara

1.       Kebudayaan yang ada/dominan di asia tenggara
a.       Indonesia    : Indonesia memiliki sekitar 300 kelompok etnis, tiap etnis memiliki warisan   budaya yang berkembang selama berabad-abad, dipengaruhi oleh kebudayaan  India, Arab, Cina, Eropa, dan termasuk kebudayaan sendiri yaitu Melayu. Contohnya tarian Jawa dan Bali tradisional memiliki aspek budaya dan mitologi                                   Hindu, seperti wayang kulit yang menampilkan kisah-kisah tentang kejadian      mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Banyak juga seni tari yang berisikan                                 nilai-nilai Islam.
b.      Malaysia   : Budaya Malaysia merujuk kepada kebudayaan semua masyarakat majemuk yang terdapat di Malaysia dan berbagai suku di sana, seperti:
·         Kebudayaan melayu
·         Kebudayaan tionghoa
·         Kebudayaan india
·         Kebudayaan kadazan-dusun
·         Kebudayaan iban, dayak, kayan, kenyah, murut, lun bawang, kelabit dan bidayuh
c.       Singapura    : Karena keragaman penduduk dan latar imigrannya, budaya Singapura sering  disebut sebagai campuran dari budaya Britania, Melayu, Cina, India dan  Peranakan. Warga asing juga membentuk 42% penduduk Singapura dan   memainkan peran penting dalam memengaruhi budaya Singapura.
d.      Thailand     : Maui Thai, sejenis seni bela diri kickboxing ala Kerajaan Thai, adalah olahraga  nasional di Kerajaan Thai dan merupakan seni beladiri setempat. Buddha  Theravada adalah agama yang dianut lebih dari 90% penduduk Thai yang   religius. Ucapan penyambutan yang umum di Kerajaan Thai adalah isyarat     bernama wai, yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. Hal-hal  yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki, karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh  yang paling atas dan bawah.
e.      Brunei Darussalam  : Budaya Brunei seakan sama dengan budaya Melayu, dengan pengaruh  kuat dari Hindu dan Islam, tetapi kelihatan lebih konservatif   dibandingkan Malaysia Penjualan dan penggunaan alkohol   diharamkan, dengan orang luar dan non-  Muslim dibenarkan membawa dalam 12 bir dan dua botol miras setiap kali mereka masuk  negara ini. Setelah pemberlakuan larangan pada awal 1990-an, semua   pub dan kelab malam dipaksa tutup. Mufti Brunei juga menfatwakan                                                           pengharaman rokok pada tahun 2011.
f.        Piliphina       : Kebanyakan masyarakat Filipina gemar menyanyi serta menari pada setiap kali  pesta keramaian. Tarian bambu ini memerlukan pergerakan kaki yang cocok.   Bahay Kubo merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina, yang dibuat      dari daun kelapa, nipah, dan bambu. Terdapat tanglung berbentuk bintang yang  digantung di hadapan rumah yang bernama Parol. Semasa Natal, kebanyakan  masyarakat di sana gemar menjadikan parol sebagai hiasan rumah mereka.  Organ bambu ini menggunakan lebih kurang 1.000 batang bambuh. Konon ini   adalah satu-satunya organ yang dibuat dari bambu di dunia.
g.       Kamboja      : Budaya di Kamboja sangatlah dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada.   Diantaranya dengan dibangunnya Angkor Wat. Kamboja juga memiliki atraksi   budaya yang lain, seperti, Festival Bonn OmTeuk, yaitu festival balap perahu  nasional yang diadakan setiap November. Rakyat Kamboja juga menyukai    sepak bola.
h.      Laos      : Agama Theravada telah banyak memengaruhi kebudayaan Laos. Pengaruhnya   dapat terlihat pada bahasa, seni, sastra, Seni tari, dll. Musik Laos didominasi  oleh alat musik nasionalnya, disebut khaen (sejenis pipa bambu). Sebuah   kelompok musik umumnya terdiri dari penyanyi (mor lam) dan seorang pemain  khaen (mor       khaen) bersama pemain rebab dan pemain instrumen lain. Lam saravane adalah jenis musik terpopuler di antara musik-musik Laos, tetapi etnis Lao di Thailand telah mengembangkannya menjadi mor lam sing yang menjadi salah satu best-selling internasional.
i.         Vietnam   : Pakaian tradisional wanita disebut Ao Dai dan dipakai dalam momen-momen   spesial seperti pernikahan, Tahun Baru Imlek atau festival-festival. Ao Dai  dahulu dipakai oleh wanita dan pria tetapi sekarang kebanyakan dipakai oleh     wanita.
j.        Timur leste : Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetun   Portugis sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai    untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan      bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih     memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan  menulis karangan ilmiah. Selain itu terdapat pula belasan bahasa daerah,  diantaranya: Bekais, Bunak, Dawan, Fataluku, Galoli, Habun, Idalaka,  Kawaimina, Kemak, Lovaia, Makalero, Makasai, Mambai, Tokodede, dan      Wetarese.
k.       Myanmar    :
2.       Pendapatan perkapita di Asia Tenggara
a.       Indonesia                              : US$ 4,380
b.      Malaysia                               : US$ 14,603
c.       Thailand                               : US$ 8,643
d.      Singapura                             : US$ 57,238
e.      Piliphina                               : US$ 3,725
f.        Brunei Darussalam              : US$ 47,200
g.       Vietnam                               : US$ 3,123
h.      Kamboja                                : US$ 2,086
i.         Laos                                      : US$ 2,435
j.        Myanmar                               : US$ 1,246
k.       Timur Leste                           : US$ 1,25
3.       Jumlah penduduk di Asia Tenggara
a.       Indonesia                             : 237,556,363 jiwa (2010)
b.      Malaysia                              : 27,565,821 jiwa (2010)
c.       Thailand                               : 66,720,153 jiwa (2011)
d.      Singapura                             : 5,076,700 jiwa (2010)
e.      Piliphina                               : 101,833,938 jiwa (2011)
f.        Brunei Darussalam              : 401,890 jiwa (2011)
g.       Vietnam                               : 85,846,997 (2009)
h.      Kamboja                              : 13,388,910 jiwa (2008)
i.         Laos                                     : 6,477,211 (2011)
j.        Myanmar                              : 58,840,000 jiwa (2010)

k.       Timur Leste                         : 1,066,409 jiwa (2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar